Rabu, 25 September 2013

LAPORAN PPL

LAPORAN

PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMA NEGERI 1 SEDAYU
Argomulyo, Sedayu, Bantul






DISUSUN OLEH:
RAHMAT ALFIAN HADIDHARMA
10004111





PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2013
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI DAN KEPENDIDIKAN
(P3K)
Jl. Pramuka 42 Sidikan Yogyakarta 55161 Telp. (0274) 371120, No. Ext. 2320
 
 


 


FORMAT LEMBAR OBSERVASI GURU MENGAJAR

I.              IDENTIFIKASI PELAKSANAAN OBSERVASI
Hari/tanggal observasi               : Rabu, 24 Juli 2013
Nama guru yang diobservasi     : Risdiyanto, S. Pd.
Nama Sekolah                           : SMA Negeri 1 Sedayu
Bidang Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Materi Pokok                             : Invitation
Kelas                                          : X MS 2
Jam Pelajaran ke                        : 3-4

II.           PELAKSANAAN KBM

No.
Nama Kegiatan
Ya
Tidak
Keterangan
1.
Membuka Pelajaran

Guru membuka pelajaran dengan salam dan kegiatan apersepsi.
2.
Menggunakan Media

Penggunaan media meliputi penggunaan seluruh komponen yang ada di dalam kelas (whiteboard, spidol, penghapus).
3.
Menyampaikan target/tujuan pembelajaran

Penyampaian tujuan pembelajaran dilakukan bersamaan dengan kegiatan apersepsi.
4.
Menjelaskan secara sistematis

Guru menjelaskan materi secara runtut sesuai silabus
5.
Memberi kesempatan bertanya

Setiap selesai menerangkan, guru selalu mempersilahkan siswa untuk bertanya
6.
Memberi rainformer/penguatan

Guru selalu mengatakan “bagus” sambil mengacungkan jempol setiapkali siswa menjawab dengan benar pertanyaan dari guru
7.
Memberi latihan/soal-soal

Setelah selesai menyampaikan materi, guru selalu memberikan soal latihan.
8.
Memberi umpan balik

Umpan balik selalu diberikan oleh guru setelah pekerjaan siswa selesai dikoreksi. Umpan balik diberikan dalam bentuk saran.
9.
Menegur siswa yang tidak tertib

Tindakan peneguran dilakukan guru dalam situasi tertentu (artinya guru tidak akan menegur siswa apabila mereka ramai karena diskusi membahas materi yang diajarkan.
10.
Merangkum

Guru selalu merangkum materi pembelajaran menjelang jam pelajaran berakhir.
11.
Memberikan evaluasi

Evaluasi dilakukan oleh guru setiap akhir bab, evaluasi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran.
12.
Menutup pelajaran

Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.





Mengetahui,                                                                                           Bantul, 22 Juli 2013
Guru yang diobservasi                                                                                    Praktikan
                                                                                                                        
                                                                                                      


Risdiyanta, S. Pd                                                                                           Rahmat Alfian
NIP. 19730226 2005011002                                                                          NIM. 10004111





RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA Negeri 1 Sedayu
Kelas/Semester                      : X/1
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris-Wajib
Materi Pokok                         : Introduction
Skill                                         : Speaking and Writing
Pertemuan Ke                       : 1
Alokasi Waktu                       : 2X45


A.    Kompetensi Dasar
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melakukan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
4.1.  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan dan merespon pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar sesuai dengan konteks.

B.     Indikator
1.      Memperkenalkan diri kepada orang lain secara santun dengan menggunakan ekspresi perkenalkan diri yang tepat dalam bahasa inggris.
2.      Merespon dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh seseorang tentang identitas dan data diri dengan sopan dan penuh tanggung jawab.

3.      Bekerjasama dengan siswa lain dalam memperkenalkan sesuatu (lingkungan tempat tinggal, tempat wisata atau tempat lain) dengan jujur, sopan dan penuh tanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar