LAPORAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI
SMA NEGERI 1 SEDAYU
Argomulyo, Sedayu, Bantul
DISUSUN OLEH:
RAHMAT ALFIAN HADIDHARMA
10004111
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
2013
|
FORMAT
LEMBAR OBSERVASI GURU MENGAJAR
I.
IDENTIFIKASI PELAKSANAAN OBSERVASI
Hari/tanggal observasi :
Rabu, 24 Juli 2013
Nama guru yang diobservasi :
Risdiyanto, S. Pd.
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Sedayu
Bidang Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Materi Pokok :
Invitation
Kelas :
X MS 2
Jam Pelajaran ke :
3-4
II.
PELAKSANAAN KBM
No.
|
Nama Kegiatan
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
1.
|
Membuka Pelajaran
|
√
|
|
Guru membuka pelajaran dengan salam dan
kegiatan apersepsi.
|
2.
|
Menggunakan Media
|
√
|
|
Penggunaan media meliputi penggunaan seluruh
komponen yang ada di dalam kelas (whiteboard, spidol, penghapus).
|
3.
|
Menyampaikan target/tujuan pembelajaran
|
√
|
|
Penyampaian tujuan pembelajaran dilakukan
bersamaan dengan kegiatan apersepsi.
|
4.
|
Menjelaskan secara sistematis
|
√
|
|
Guru menjelaskan materi secara runtut sesuai
silabus
|
5.
|
Memberi kesempatan bertanya
|
√
|
|
Setiap selesai menerangkan, guru selalu
mempersilahkan siswa untuk bertanya
|
6.
|
Memberi rainformer/penguatan
|
√
|
|
Guru selalu mengatakan “bagus” sambil
mengacungkan jempol setiapkali siswa menjawab dengan benar pertanyaan dari
guru
|
7.
|
Memberi latihan/soal-soal
|
√
|
|
Setelah selesai menyampaikan materi, guru
selalu memberikan soal latihan.
|
8.
|
Memberi umpan balik
|
√
|
|
Umpan balik selalu diberikan oleh guru
setelah pekerjaan siswa selesai dikoreksi. Umpan balik diberikan dalam bentuk
saran.
|
9.
|
Menegur siswa yang tidak tertib
|
√
|
|
Tindakan peneguran dilakukan guru dalam
situasi tertentu (artinya guru tidak akan menegur siswa apabila mereka ramai
karena diskusi membahas materi yang diajarkan.
|
10.
|
Merangkum
|
√
|
|
Guru selalu merangkum materi pembelajaran
menjelang jam pelajaran berakhir.
|
11.
|
Memberikan evaluasi
|
√
|
|
Evaluasi dilakukan oleh guru setiap akhir
bab, evaluasi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa dalam menyerap
materi pembelajaran.
|
12.
|
Menutup pelajaran
|
√
|
|
Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
|
Mengetahui, Bantul,
22 Juli 2013
Guru yang diobservasi Praktikan
Risdiyanta,
S. Pd Rahmat Alfian
NIP.
19730226 2005011002 NIM.
10004111
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris-Wajib
Materi Pokok : Introduction
Skill : Speaking and Writing
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2X45
A.
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melakukan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
4.1. Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan dan merespon
pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan secara benar sesuai dengan konteks.
B.
Indikator
1. Memperkenalkan
diri kepada orang lain secara santun dengan menggunakan ekspresi perkenalkan
diri yang tepat dalam bahasa inggris.
2. Merespon
dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh seseorang tentang identitas dan
data diri dengan sopan dan penuh tanggung jawab.
3. Bekerjasama
dengan siswa lain dalam memperkenalkan sesuatu (lingkungan tempat tinggal,
tempat wisata atau tempat lain) dengan jujur, sopan dan penuh tanggung jawab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar