ASSURE
MODEL ANALYSYS
Analyze the student : murid cenderung lebih menyukai
materi yang menggunakan gambar. Namun gambar harus bisa dilihat oleh seluruh
siswa dari baris depan hingga sudut belakang. Walaupun sebagian siswa antusias
apabila diperliahatkan gambar didepan kelas dengan cara maju lebih dekat, namun
ada juga siswa yang masih malu untuk ikut serta. Maka kelemahan yang dihadapi
ketika menggunakan gambar didepan kelas, tidak seluruh siswa dapat meng-akses
info yang ada.
State objective : dilihat dari hasil analisis yang
telah diperoleh, siswa membutuhkan sebuah media yang dapat menampilkan gambar
ke seluruh kelas dari baris depan hingga belakang tanpa siswa harus maju
mendekat. Selain itu gambar harus disajikan dalam visualisasi yang sesuai
dengan konteks umur mereka. Apalagi siswa merupakan anak didik dari sdit. Maka
gambar harus tampil dalam suasana islami.
Selecting the media : media yang akan digunakan menggunakan
bantuan macromedia flash. Dengan tampilan lcd proyektor akan nampak lebih besar
dan lebih jelas di hadapan para murid.
Utilize the material : dengan tampilan gambar pada
macromedia dengan musik latar diharapkan siswa dapat menjalani proses
pembelajaran dengan menarik dan efektif.
Require learner participation: murid akan lebih
termotivasi dan bersemangat dalam proses belajar karena materi yang disajikan
dalam bentuk media gambar. Apalagi gambar yang disuguhkan juga berkaitan dengan
konteks mereka sebagai masa anak-anak. Gambar akan ditampilkan dalam bentuk
menarik tidak lepas dari konten yang sesuai dengan umur mereka.
Evaluate and revise: setelah materi pembelajaran telah
diberikan kepada murid-murid. Pihak pembuat media akan melakukan pantauan
mengenai keefektifan media terhadap proses pembelajaran. Media yang telah
disajikan kepada murid akan di lihat apakah perlu dilakukan perbaikan atau
penambahan materi untuk perbaikan dalam media pembelajaran.
LINK DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN KAMI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar