Jumat, 05 April 2013

ASSURE MODEL


ASSURE MODEL ANALYSYS

Analyze the student : murid cenderung lebih menyukai materi yang menggunakan gambar. Namun gambar harus bisa dilihat oleh seluruh siswa dari baris depan hingga sudut belakang. Walaupun sebagian siswa antusias apabila diperliahatkan gambar didepan kelas dengan cara maju lebih dekat, namun ada juga siswa yang masih malu untuk ikut serta. Maka kelemahan yang dihadapi ketika menggunakan gambar didepan kelas, tidak seluruh siswa dapat meng-akses info yang ada.

State objective : dilihat dari hasil analisis yang telah diperoleh, siswa membutuhkan sebuah media yang dapat menampilkan gambar ke seluruh kelas dari baris depan hingga belakang tanpa siswa harus maju mendekat. Selain itu gambar harus disajikan dalam visualisasi yang sesuai dengan konteks umur mereka. Apalagi siswa merupakan anak didik dari sdit. Maka gambar harus tampil dalam suasana islami.

Selecting the media : media yang akan digunakan menggunakan bantuan macromedia flash. Dengan tampilan lcd proyektor akan nampak lebih besar dan lebih jelas di hadapan para murid.

Utilize the material : dengan tampilan gambar pada macromedia dengan musik latar diharapkan siswa dapat menjalani proses pembelajaran dengan menarik dan efektif.

Require learner participation: murid akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam proses belajar karena materi yang disajikan dalam bentuk media gambar. Apalagi gambar yang disuguhkan juga berkaitan dengan konteks mereka sebagai masa anak-anak. Gambar akan ditampilkan dalam bentuk menarik tidak lepas dari konten yang sesuai dengan umur mereka.

Evaluate and revise: setelah materi pembelajaran telah diberikan kepada murid-murid. Pihak pembuat media akan melakukan pantauan mengenai keefektifan media terhadap proses pembelajaran. Media yang telah disajikan kepada murid akan di lihat apakah perlu dilakukan perbaikan atau penambahan materi untuk perbaikan dalam media pembelajaran.

LINK DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN KAMI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar